Inilah 4 Cara Screenshot Samsung A51 Tanpa Bantuan Aplikasi

Cara Screenshot Samsung A51 – Galaxy A51 memiliki fitur tangkapan layar yang dapat memudahkan pengguna dalam mengambil screenshot pada Hp Samsung mereka tanpa memerlukan aplikasi tambahan.

Selain itu, layar Super AMOLED berukuran 6,5 inci pada Samsung A51 menawarkan pengalaman visual yang memanjakan mata dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 pixels dan rasio layar 20:9. Tidak hanya itu, ponsel ini juga tidak memiliki poni atau notch pada layarnya yang dapat mengganggu tampilan.

Galaxy A51 juga cocok untuk para penggemar game dan multimedia, serta menawarkan keamanan layar yang optimal dengan anti gores Corning Gorilla Glass 3.

Dari segi software, ponsel ini sudah menggunakan sistem operasi Android 10 dengan antarmuka One UI 2.5. Selain itu, untuk mendukung aktivitas berfoto selfie, Samsung telah menyematkan lensa kamera depan dengan resolusi 32MP dan fitur HDR.

Cara Screenshot Samsung A51

Dengan dirilisnya smartphone Samsung Galaxy A51, banyak pengguna yang ingin tahu cara menggunakan fitur-fitur di dalamnya, termasuk fitur tangkapan layar atau screenshot. Yang menarik dari ponsel ini adalah tersedianya beberapa opsi untuk melakukan screenshot tanpa harus menggunakan aplikasi screenshot dari pihak ketiga.

Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk melakukan screenshot pada Samsung A51. Oleh karena itu, bagi pengguna yang ingin memanfaatkan fitur tangkapan layar pada ponsel ini, dapat memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

1. Menggunakan Kombinasi Tombol

Cara Screenshot Samsung Galaxy A51

Untuk mengambil tangkapan layar di perangkat Android, termasuk pada Samsung A51, pengguna dapat menekan tombol volume dan daya secara bersamaan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti untuk mengambil screenshot di Samsung A51:

  1. Hidupkan ponsel Samsung A51 kamu.
  2. Pilih area layar yang akan diambil screenshot.
  3. Tekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersama-sama.
  4. Jika layar berkedip dan terdengar suara kamera, artinya screenshot berhasil.
  5. Gambar hasil screenshot dapat dilihat melalui aplikasi Gallery atau File Manager.

Semua gambar screenshot layar yang telah dibuat akan tersimpan di aplikasi Galeri pada Hp Samsung kamu. Untuk melakukan hal lain seperti memotong gambar atau mengubah kecerahan, dapat dilakukan melalui aplikasi Galeri.

2. Menggunakan Menu Asisten

Cara SS Samsung A51

Menu Asisten pada Samsung A51 bukan hanya sekadar fitur aksesibilitas, melainkan juga menawarkan banyak pintasan untuk memudahkan aktivitas pengguna. Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah mengambil screenshot, melakukan screen recording, membuka aplikasi, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, fitur Menu Asisten tidak diaktifkan secara otomatis. Oleh karena itu, pengguna perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan Menu Asisten pada Samsung A51:

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel kamu.
  2. Pilih opsi Aksesibilitas, kemudian pilih Interaksi dan Kecepatan.
  3. Aktifkan opsi Menu Asisten.
  4. Setelah diaktifkan, tombol Menu Asisten akan muncul di bagian layar dan kamu dapat menggesernya sesuai keinginan.
  5. Untuk mengambil screenshot, buka halaman yang akan kamu capture.
  6. Buka Menu Asisten dengan menggeser tombol yang sudah diaktifkan tadi.
  7. Setelah itu, pilih opsi Screenshot atau Gambar Layar.

Meskipun pengaturan awal perlu dilakukan, namun jika fitur ini sudah diaktifkan, akan lebih cepat dan mudah daripada menggunakan kombinasi tombol fisik untuk mengambil screenshot pada Samsung A51.

3. Screenshot Panjang Samsung A51

Cara SS Samsung Galaxy A51

Jika kamu ingin mengambil tangkapan layar halaman web yang panjang pada Samsung A51, maka fitur screenshot panjang bisa menjadi solusinya. Meskipun terdengar mudah, namun banyak pengguna yang masih belum mengetahui cara menggunakannya.

  1. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka menu Pengaturan
  2. pilih Fitur Lanjutan, dan aktifkan opsi Gambar Layar pada bagian tersebut
  3. Setelah itu, buka layar yang ingin diambil screenshot panjang, seperti halaman web yang menampilkan konten yang panjang
  4. Untuk mengambil screenshot, gunakan metode yang biasa kamu gunakan, seperti menekan tombol power dan volume down secara bersama-sama atau dengan mengusap layar
  5. Setelah itu, bilah alat screenshot akan muncul di bagian bawah layar
  6. Ketuk ikon Scroll Capture (ikon panah ke bawah) untuk mengambil screenshot panjang

Dengan fitur ini, kamu bisa mengambil screenshot seluruh halaman web dengan mudah dan cepat, tanpa harus memotong atau menggabungkan beberapa screenshot.

4. Menggunakan Palm Swipe

SS Palm Swipe

Fitur Palm Swipe To Capture merupakan fitur yang sangat membantu pengguna untuk mengambil screenshot hanya dengan mengusapkan telapak tangan di layar. Bagi yang belum mengetahui cara mengaktifkan fitur ini, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Pertama-tama, buka menu Pengaturan pada smartphone kamu dan pilih opsi Fitur Lanjutan.
  2. Pada halaman ini, kamu akan menemukan opsi Gerakan dan Gesture. Tap opsi ini untuk melanjutkan.
  3. Kemudian, cari opsi Usapkan Telapak Tangan atau Palm Swipe To Capture.
  4. Geser tombol ke kanan atau tap pada tombol ini untuk mengaktifkannya.
  5. Setelah fitur berhasil diaktifkan, kamu bisa langsung mengambil screenshot dengan mudah.
  6. Pastikan untuk menentukan area yang ingin diambil pada layar sebelum mengambil screenshot.
  7. Setelah itu, swipe layar dari tepi kiri ke kanan atau sebaliknya untuk mengambil screenshot.
  8. Jika berhasil, kamu akan mendengar suara shutter yang menkamukan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

Kamu juga dapat menemukan tombol kecil di bagian bawah layar untuk mengedit atau membagikan hasil screenshot yang telah diambil. Dengan fitur ini, pengguna bisa lebih mudah dan cepat mengambil screenshot pada smartphone mereka.

Keempat opsi untuk mengambil screenshot pada HP Galaxy A51 sama-sama mudah dan cepat dilakukan, namun pilihan tergantung pada preferensi pengguna.

Itulah cara mudah mengambil screenshot di HP Galaxy A51. Cara ini juga dapat diterapkan pada ponsel Samsung lainnya.


Penulis: Bram Khalid | Editor: Heri Pujianto

Artikel Terkait dari Jasa.sch.id:

Silahkan berkomentar